Dalam Kuliah Arsitektur

Kamis, 01 Mei 2014



Dalam kuliah arsitektur, gambar potongan pasti jadi momok. Fakta yang menunjukkan gambar potongan itu jadi momok antara lain :

1. Dibikinnya terakhir sendiri. Denah, tampak, 3D udah, baru deh ngegarap potongan. Udah dibikinnya paling akhir, gak selese pula. Sarap deh sarap...

2. Hasilnya kosongan. Nah, kalo ini bisa dua faktor. Faktor pertama, karena memang gak selese. Udah kurang 5 menit dari deadline, diare, epilepsi, motor mogok, ujan, ngumpulinnya lari-lari sambil tidur, yaudah deh, gak selamet tuh gambar potongan. Faktor kedua, GAK MUDENG ISINYA APAAN. 70% mahasiswa menghasilkan gambar potongan yang kosong. Gambarnya aja kagak bener, apalagi isinya. cckckckckc

3. Kalo denger kata "potongan" langsung merenges.

4. Kalo diminta ama dosennya bikin potongan, pasti responnya "potongannya 1 aja ya Pak...". udah disuruh, masih nawar pula. Dan faktanya, 1 aja kagak selese. huhuhuhuhu

5. Kalo terpaksanya bikin potongan, pasti milih yang paling gampang. "Bagian ini aja, atepnya kagak keliatan". Bagus banget sih idenya,,,,

Nah, di sini gue mau bantu temen-temen yang punya phobia ama gambar potongan. Gue pandu dari tahap pertama ngebikinnya. Jadi, abis ini gak ada alesan "gak mudeng potongan". Eit yang namanya arsitek kudu punya senses of 3matra yang bagus. Kalo kalian kudu ngebikin potongan rumah tinggal, bayangin aja, rumah kalian itu terpotong jadi 2. Yang ssisi satunya diinjek godzilla gitu, trus tinggal separo. Bayangkan kalian berdiri di rumah yang terpotong itu. Gambar apa yang kalian liat. Kalo susah ngebayanginnya, praktekin aja. Sewa buldozer, RUBUHIN SEPARO RUMAH!! hu ha!!!

Kalo kalian mau bikin potongan pake tangan (yaeyalah masa pake pantat). Maksud gue mau bikin handdrawing alias pake pen/pensil getooo... Caranya gini nih :

1. Pake kertas grid (kertas yang ada kotak-kotaknya setiap 1 cm). Kalo gak punya duit buat beli, ngutang dulu. Kalo gak bisa ngutang, RAMPOK! Ngerampok malah ketangkep, yaudah nasib. Kalo gitu bikin aja gridnya. Ribet? Belajar gak ada yang gak ribet. Gue juga gitu kok.

2. Ambil gambar denah kalian, trus setiap grid kolomnya dikasi notasi huruf. Misalnya kalian akan ngambil sebuah sisi untuk dipotong. Pada sisi yang akan terlihat di potongan, kasi notasi huruf A-Z pada kolom terdekat dengan arah mata. Kalo A-Z nya kurang? Terserah! Mau dikasi angka, mau dikasi A lagi, ato AA,AB kayak Ms Excel, yang penting kalian paham ama notasinya. Kayak gini :

 3. Pada kertas potongan, bikin peil. Apa itu peil? Taunya pel ya? Gitu deh kalo di rumah kerjaannya boker di mana-mana. Jadi kudu ngepel kan. Peil, itu adalah ketinggian. Tentunya di denah kalian udah ada peilnya kan. Tulis di paling kiri dari kertas untuk potongan, peil dari yang paling bawah (kalo ada besmen, bikin peilnya besmen juga ya). Pokoknya dari yang paling bawah getoh.
 
4. Lihat denah kalian yang udah bernotasi. Sekarang, pindahkan titik-titik notasi itu ke kertas  potongan. Buat di peil terendah. Ini..


1 komentar:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS